Sunday, April 17, 2016

Menghemat Quota Internet Dengan Aplikasi Opera Max

Penggunaan Internet sekarang ini sudah menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting untuk para pengguna smartphone, baik untuk browsing, chatting, streaming, mendengarkan radio online, download, dan lain sebagainya. Banyak sekali penggunaan Internet yang membutuhkan quota cukup besar, diantaranya adalah streaming, baik streaming video, musik, maupun radio, sehingga apabila penggunaannya tidak dibatasi, maka quota Internet akan cepat habis.

Salah satu cara untuk bisa menghemat quota ketika menggunakan Internet untuk streaming diantaranya adalah dengan menggunakan aplikasi yang dibuat oleh Opera, yaitu aplikasi Opera Max - Data Saving Apps. Aplikasi ini bekerja dengan memanfaatkan koneksi VPN (Virtual Private Network) dari server Opera. Ketika kita membuka aplikasi untuk streaming dari youtube misalnya, data streaming tersebut akan diproses terlebih dahulu di server VPN Opera untuk dilakukan kompresi data dan kemudian data hasil kompresi tersebut dikirimkan ke smartphone pengguna. Dengan proses kompresi data seperti ini, maka sudah tentu penggunaan quota Internet akan lebih hemat, bahkan tingkat kehematannya bisa sampai 50%.

Beberapa fitur dari aplikasi Opera Max  diantaranya adalah:
  • Menghemat data ketika menggunakan aplikasi popular seperti youtube, Netflix, line, Instagram, Google Chrome, Gaana, Pandora, Slacker Radio, dan sebagainya. 
  • Memantau aplikasi yang terinstall pada smartphone, aplikasi mana yang menggunakan quota internet paling besar. 
  • Mengatur konsumsi quota Internet. 
  • Mempercepat koneksi Wi-Fi dan menghemat penggunaan quota Internet. 
  • Mengatur berapa besar quota yang digunakan ketika roaming. 
  • Mengatur aplikasi untuk penggunaan data internet di background. 
Berikut ini langkah langkah untuk menggunakan aplikasi Opera Max:
  • Install aplikasi Opera Max di sini
  • Buka aplikasi Opera Max, kemudian klik pada menu, dan klik pada tombol connect. 
  • Setelah terlihat tanda kunci di sebelah icon jaringan pada status bar, yang berarti koneksi VPN ke server Opera sudah terhubung. 
  • Buka aplikasi setting android di Smartphone kita kemudian masuk ke security, kemudian pilih apps with usage access, kemudian set Opera Max dari off menjadi on, sehingga penggunaan quota Internet pada smartphone akan terpantau oleh Opera Max. 
  • Sampai disini kita sudah bisa menggunakan aplikasi streaming dengan fitur hemat quota dari Opera Max. 



Dari gambar di atas dapat kita lihat penggunaan quota Internet untuk streaming youtube dan aplikasi lainnya bisa hemat sampai 50%.

Proses penghematan data setiap smartphone bervariasi antara smartphone yang satu dengan yang lainnya. Untuk lebih jelas mengenai bagaimana Opera Max bekerja, apa saja yang diproses oleh Opera Max dan yang tidak diproses oleh Opera Max, silahkan kunjungi FAQ Opera Max di sini

Sekian tips untuk memanfaatkan aplikasi Opera Max dalam menghemat quota Internet. Semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment