Sunday, October 25, 2015

Mengurangi Lag BBM di Smartphone Android Lama

Seiring dengan perkembangan OS pada smartphone yang juga semakin berkembang dilihat dari segi spesifikasi dari smartphone tersebut, aplikasi juga ikut berkembang dan membutuhkan smartphone dengan spesifikasi yang besar juga. Hal ini kadang menjadi masalah serius untuk smartphone lama yang memiliki spesifikasi standar dengan frekuensi prosesor yang tidak terlalu besar, ram juga kecil misalkan pada smartphone yang maksimal OS yang bisa diinstall hanya OS gingerbread (2.3.x) maka kinerja smartphone tersebut akan menjadi semakin lambat.


Untuk menanggulangi hal ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menginstall aplikasi seperlunya saja. Misalkan kita hanya butuh aplikasi bbm, ya hanya bbm saja yang diinstall, kemudian fitur Google play service tidak usah diaktifkan, karena sekarang fitur tersebut membutuhkan banyak ram. Kelemahan dari solusi ini, smartphone kita hanya bisa digunakan untuk satu aplikasi saja, dan aplikasi yang membutuhkan fitur Google play service tidak bisa diinstall. Tapi, di lain pihak kita akan merasa nyaman menggunakannya karena resiko lag akan sedikit teratasi.

Untuk menonaktifkan fitur Google play service, smartphone dengan OS gingerbread harus dilakukan factory reset terlebih dahulu, karena Google play service akan tetap aktif jika kita menggunakan playstore.

Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:
  1. Backup semua data di smartphone kita.
  2. Siapkan source instalasi apk bbm untuk gingerbread.
  3. Lakukan Hard reset pada smartphone dari menu setting.
  4. Setelah proses hard reset selesai, akun Google tidak usah dimasukkan untuk menghindari Google play servis aktif.
  5. Lakukan instalasi bbm dan restore data yang tadi telah kita backup.
Dengan prosedur ini, smartphone lama kita akan lebih terasa responsif, dan lag bisa dikurangi. Sekian tips mengurangi lag bbm di smartphone lama, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment