Sunday, October 25, 2015

Menjadikan Android sebagai Efek Gitar

Smartphone sekarang ini sudah berkembang dengan sangat cepat, hampir berbagai macam pekerjaan dapat diproses dengan smartphone seperti pengolahan data office (word, Excel, powerpoint), edit foto, player musik, termasuk salah satunya smartphone bisa memproses dan mensimulasikan efek gitar.


Pada kesempatan ini, saya akan mencoba untuk membahas tips membuat smartphone kita menjadi sebuah efek gitar. Untuk anda yang mempunyai hobi bermain musik terutama gitar dan memiliki sebuah gitar elektrik, tentunya efek gitar menjadi salah satu kebutuhan pelengkap yang penting agar permainan gitar kita menjadi lebih menyenangkan dan memberikan kepuasan lebih saat kita memainkan gitar elektrik kita. Tapi kita tahu bahwa harga dari sebuah efek gitar tersebut tidaklah murah, belum lagi sound system khusus agar perangkat sound bisa seimbang dengan frekuensi suara yang dihasilkan oleh efek gitar tersebut, sehingga sound system tidak mudah jebol atau rusak. Maka salah satu jalan yang bisa kita ambil adalah dengan memanfaatkan smartphone Android kita menjadi sebuah perangkat efek gitar, dimana keluaran atau output suara bisa sesuai dengan headset maupun speaker aktif biasa.

Perlengkapan yang dibutuhkan diantaranya adalah:
  1. Smartphone android
  2. Gitar elektrik
  3. Kabel USB OTG
  4. USB Guitar Link
  5. Aplikasi guitar FX untuk android
  6. Speaker atau headset
Untuk smartphone android yang digunakan minimal terinstall OS kitkat (4.4.x) dan harus mendukung OTG karena tidak semua smartphone mendukung OTG. Untuk usb guitar link bisa menggunakan produk dari behringer, dan untuk aplikasi guitar FX yang support USB salah satunya adalah andrig. Disini kita menggunakan koneksi usb menggunakan usb guitar link karena latency dari usb guitar link sangat kecil bahkan nyaris tidak ada, jadi permainan gitar tidak akan terganggu oleh latency yang kadang menjadi masalah.

Langkah-langkah untuk membuat smartphone Android kita menjadi sebuah efek gitar diantaranya:
  • Install aplikasi andrig dari playstore, coba versi free dulu, jika terasa nyaman menggunakan aplikasi andrig, kita bisa membeli aplikasi andrig versi premium.
  • Hubungkan gitar dengan usb guitar link kemudian hubungkan usb guitar link ke OTG dan hubungkan output usb guitar link ke perangkat audio.
  • Hubungkan OTG ke smartphone Android, kemudian jika muncul pesan permintaan ijin akses usb pada layar smartphone kita berikan ijin saja.
  • Jalankan aplikasi andrig, kemudian pada input pilih tipe usb.
  • Jika smartphone kita support usb otg, maka suara gitar kita akan mulai terdengar, dan kita bisa memilih beberapa efek yang ada di dalam aplikasi andrig tersebut.
Sekian tips membuat smartphone menjadi sebuah efek gitar, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment